Jumat, 08 November 2013

Kompetensi Pelatihan


KODE UNIT       
:
LOG.OO17.001.01
JUDUL UNIT      
:
Membantu Dalam Pengembangan Dan Pelaksanaan Pelatihan Di Tempat Kerja
DESKRIPSI UNIT
:
Unit ini menggambarkan kegiatan yang meliputi pembuatan rencana pelatihan di tempat kerja, melaksanakan pelatihan di tempat kerja dengan teknik pengajaran yang sesuai, pemantauan perkembangan para peserta, evaluasi dan pengembangan program pelatihan serta pencatatan data pelatihan.


Bidang                     :    Pelatihan

Bobot  Unit              :    2

Unit Prasyarat         :
1.
LOG.OO02.004.01
- Membantu dalam penentuan pelatihan   sambil bekerja





ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01   Perencanaan untuk melaksanakan pelatihan di tempat kerja

1.1     Tujuan pelatihan dan kompetensi yang diraih dapat dikenali.

1.2     Tugas dalam ketentuan pelatihan dijelaskan.

02   Melaksanakan pelatihan di tempat kerja


2.1     Tujuan pelatihan dijelaskan kepada para peserta pelatihan.

2.2     Pelatihan dilaksanakan dengan berbagai macam tehnik pengajaran yang sesuai: presentasi, metode komunikasi suara, penjelasan, demonstrasi, latihan, timbal balik.

2.3     Perkembangan para peserta pelatihan dimonitor dan timbal balik yang yang bersifat membangun harus disediakan untuk para peserta.

03   Memeriksa program pelatihan

 

3.1     Program pelatihan yang dievaluasi menurut prosedur pengoperasian yang sesuai.

3.2     Data pelatihan yang dicatat harus menurut prosedur pengoperasian yang sesuai.

3.3     Laporan pelatihan harus menurut prosedur pengoperasian yang standar.

3.4     Mengembangkan pelatihan menurut prosedur pengoperasian yang standar.

 
BATASAN VARIABEL
 
Pelatihan dilaksanakan dalam situasi kelompok kecil atau perorangan. Pelatihan bisa disusun atau secara informal dan berdasarkan atas kerjasama antara trainer / instruktur dan personil yang lain. Baik pengetahuan pendukung maupun kemampuan praktis tercakup dalam pelatihan tersebut. Pelatihan bisa dilaksanakan dalam lingkup teknis, induksi, keselamatan dan kesehatan kerja, dan lain-lain. Pengawasan yang normal terhadap peserta tercakup dalm Unit LOG.OO02.004.01 (Membantu dalam penentuan pelatihan sambil bekerja). Unit ini tidak membahas tentang penilaian. Kemampuan penilai tercakup dalam Unit  LOG.OO17.002.01 (Melakukan penilaian di tempat kerja).


PANDUAN PENILAIAN

1.         Konteks penilaian

           Penilaian untuk unit ini dapat diterapkan pada pekerjaan, diluar pekerjaan atau kombinasi             diantara keduanya. Kompetensi yang tercakup dalam unit ini dapat didemonstrasikan       oleh peserta yang bekerja sendiri atau sebagai bagian dari suatu kelompok. Lingkup penilaian harus tidak merugikan calon peserta.

2.         Kondisi Penilaian
                                                                                                                                                                              
Calon peserta akan menguasai semua alat bantu, berbagai macam peralatan, material dan dokumen yang diperlukan. Calon peserta akan diijinkan untuk mengacu kepada dokumen berikut:
2.1    Berbagai dokumen yang relevan dengan prosedur di tempat kerja. Berbagai dokumen yang relevan dengan spesifikasi produk dan manufaktur.
2.2    Berbagai dokumen yang relevan dengan kode, standard, petunjuk dan referensi material.
2.3    Calon peserta disyaratkan untuk:
         2.3.1       Secara lisan atau dengan berbagai metode komunikasi lainnya, menjawab               pertanyaan yang diajukan oleh penilai.
         2.3.2       Mengetahui rekan kerja yang bisa dijadikan rujukan untuk mengumpulkan                hasil kompetensi apabila diperlukan.
         2.3.3       Hasil kredit terakhir untuk semua pelatihan di luar tempat kerja yang                         berhubungan dengan unit ini. Penilai harus meyakinkan peserta untuk                                dapat melaksanakan semua unsur dari unit ini secara konsisten dan                                    kompeten sebagaimana yang telah dijelaskan melalui kriteria, termasuk                                     pengetahuan yang dibutuhkan.

3.         Aspek kritis

Unit ini dapat dinilai bersama dengan unit yang lain yang membahas tentang keselamatan, kualitas, komunikasi, penanganan material, pencatatan dan pelaporan yang berhubungan dengan pengembangan dan pelaksanaan pelatihan atau unit-unit yang lain yang membutuhkan latihan mengenai keterampilan dan pengetahuan yang etrcakup dalam unit ini. Kompetensi dalam unit ini tidak dapat dituntut sampai semua pra-syarat telah dipenuhi.
                                                                                                                                               






4.         Catatan Khusus

Selama penilaian setiap peserta akan:
4.1    Melaksanakan latihan keselamatan kerja setiap waktu.Memberikan informasi tentang proses, peristiwa atau tugas yang dikerjakan untuk meyakinkan adanya lingkungan pekerjaan yang efisien dan aman.
4.2    Melaksanakan tanggung jawab untuk kualitas pekerjaannya sendiri.
4.3    Merencanakan semua tugas dalam segala situasi dan memberikan tinjauan terhadap persyaratan tugas yang sesuai.
4.4    Melaksanakan semua tugas sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
4.5    Melaksanakan semua tugas terhadap spesifikasinya. Menggunakan prosedur tehnik, latihan, proses dan tempat kerja engineering yang sesuai. Tugas yang dikerjakan akan diselesaikan dalam jangka waktu yang beralasan yang berhubungan dengan kekhasan kegiatan di tempat kerja.
 

5.              Pedoman penilai

5.1          Kompetensi yang diraih melalui pelatihan dapat diidentifikasi .
5.2          Tugas instruktur dalam ketentuan pelatihan dapat dijelaskan.
5.3          Instruktur menjelaskan tujuan pelatihan dan kompetensi yang akan dicapai kepada peserta pelatihan.
5.4          Pelatihan tersebut dilakukan dengan menggunakan tehnik pengajaran yang sesuai.
5.5          Tehnik pengajaran yang digunakan dalam pelatihan tersebut untuk menyampaikan materi pelatihan dapat dikenali. Alasan untuk memilih tehnik pengajaran dalam pelatihan tersebut dapat dijelaskan.
5.6          Timbal balik yang positif disampaikan kepada para peserta pelatihan melalui program pelatihan tersebut. Perkembangan para peserta diperhatikan dan dicatat sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.7          Prosedur untuk mencatat perkembangan peserta pelatihan dapat diberikan. Alasan untuk menyampaikan timbal balik yang positif dapat diberikan.
5.8          Program pelatihan dievaluasi menurut prosedur pengoperasian yang sesuai.
5.9          Prosedur untuk mengevaluasi program pelatihan dapat diberikan. Alasan untuk mengevaluasi program pelatihan dapat dijelaskan.
5.10       Data pelatihan dicatat menurut prosedur pengoperasian yang sesuai.
5.11       Catatan pelatihan yang disimpan dapat dikenali. Prosedur untuk menyimpan data pelatihan dapat diberikan.
5.12       Laporan pada pelatihan yang diselesaikan dan pelatihan yang dibutuhkan harus dilengkapi sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.13       Prosedur untuk menyiapkan laporan pelatihan dapat diberikan.
5.14       Pelatihan dikembangkan di dalam tempat kerja sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.15       Prosedur untuk mengembangkan pelatihan di tempat kerja dapat diberikan. Alasan untuk mengembangkan pelatihan di tempat kerja dapat dijelaskan










           KOMPETENSI KUNCI


NO
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
TINGKAT
1.
Mengumpulkan, Mengorganisir dan menganalisa Informasi
3
2.
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
3
3.
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
3
4.
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
2
5.
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
1
6.
Memecahkan masalah
2
7.
Menggunakan Teknologi
2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar