KODE UNIT
|
:
|
LOG.OO17.002.01
|
JUDUL UNIT
|
:
|
Melaksanakan penilaian tempat kerja
|
DESKRIPSI
UNIT
|
:
|
Unit ini
menggambarkan kegiatan penilaian di tempat kerja yang meliputi identifikasi
persyaratan standar kompetensi, membuat perencanaan penilaian, melaksanakan
penilaian, mengevaluasi proses penilaian serta pencatatan hasil penilaian.
|
Bidang : Pelatihan
Bobot Unit : 2
Unit
Prasyarat :
|
1.
|
LOG.OO02.004.01
|
- Membantu dalam penentuan pelatihan sambil
bekerja
|
ELEMEN
KOMPETENSI
|
KRITERIA UNJUK KERJA
|
01 Mengenali dan merencanakan berbagai persyaratan penilaian |
1.1 Ruang
lingkup dan tujuan penilaian dikenali dengan melakukan konsultasi dengan
personil dan orang-orang yang akan dinilai
1.2 Standar kompetensi dan acuan penilaian yang sesuai dikenali dan dipilih sebagaimana yang diperlukan.1.3 Petunjuk yang diperlukan untuk melaksanakan kompetensi yang ditentukan sesuai dengan prosedur penilaian industri
1.4 Petunjuk yang dibutuhkan dan pengaturan penilaian yang
didiskusikan dan dikonfirmasikan dalam cara yang sesuai dengan orang yang
dinilai.
|
02 Melaksanakan penilaian |
2.1 Prosedur penilaian yang telah disetujui diterapkan
melalui sikap, waktu dan tempat untuk meningkatkan partisipasi aktif dari
orang yang dinilai.
|
03 Mencatat hasil dan mengevaluasi prosedur |
3.1 Hasil penilaian dicatat sesuai dengan prosedur
lapangan atau industri.
3.2 Catatan disimpan dengan cara yang sesuai dengan
pemeliharaan yang konfidensial dan aman.
3.3 Prosedur
penilaian diperiksa bersama dengan orang yang sedang dinilai dan sedang di
revisi bila perlu.
|
BATASAN VARIABEL
Teknik penilaian yang sesuai akan dipilih berdasarkan
atas pengetahuan penilai terhadap kompetensi yang dinilai atau yang berhubungan
dengan seseorang yang kompeten (ahli teknik). Metoda yang dipakai dapat
meliputi observasi, dokumentasi, demonstrasi, proyek, tes lisan, penilaian
berdasarkan komputer, tes tertulis dan lain-lain. Tujuan penilaian meliputi
pengenalan materi sebelumnya, penentuan penghargaan tingkat klasifikasi atau
identifikasi pelatihan yang dibutuhkan. Petunjuk yang diperoleh harus meliputi
tugas keterampilan, tugas manajemen, penerapan manajemen yang memungkinkan.
Metoda dan alat penelitian harus mencakup berbagai hal seperti kejelasan,
kehandalan, keabsahan hasil, keadilan dalam penerapan penilaian dan biaya
efektivitas proses. Penilaian dapat dilaksanakan berbasis individual atau dalam
kelompok. Unit ini dimaksudkan untuk menyamakan dengan standar kompetensi
nasional Unit Standar Penilaian:
melaksanakan penilaian sesuai dengan prosedur yang telah dibuat dan Unit
Tambahan: perencanaan dan pemeriksaan penilaian.
PANDUAN PENILAIAN
1. Konteks penilaian
Penilaian untuk
unit ini dapat diterapkan pada pekerjaan, diluar pekerjaan atau kombinasi diantara keduanya. Kompetensi yang
tercakup dalam unit ini dapat didemonstrasikan oleh peserta yang bekerja sendiri atau sebagai bagian dari
suatu kelompok. Lingkup penilaian harus
tidak merugikan calon peserta.
2. Kondisi Penilaian
Calon peserta akan
menguasai semua alat bantu, berbagai macam peralatan, material dan dokumen yang
diperlukan. Calon peserta akan diijinkan untuk mengacu kepada dokumen
berikut:
2.1 Berbagai dokumen yang relevan dengan prosedur di tempat kerja. Berbagai
dokumen yang relevan dengan spesifikasi produk dan manufaktur. Berbagai dokumen
yang relevan dengan kode, standar, petunjuk dan referensi material.
2.2 Calon peserta diisyaratkan untuk:
2.2.1 Secara lisan atau dengan berbagai metode komunikasi
lainnya, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penilai.
2.2.2 Mengetahui rekan kerja yang bisa dijadikan rujukan untuk
mengumpulkan hasil kompetensi apabila diperlukan.Hasil kredit terakhir untuk
semua pelatihan di luar tempat kerja yang berhubungan dengan unit ini. Penilai
harus meyakinkan peserta untuk dapat melaksanakan semua unsur dari unit ini
secara konsisten dan kompeten sebagaimana yang telah dijelaskan melalui
kriteria, termasuk pengetahuan yang dibutuhkan.
3. Aspek
kritis
Unit ini dapat dinilai bersama dengan unit
yang lain yang membahas tentang keselamatan, kualitas, komunikasi, penanganan
material, pencatatan dan pelaporan yang berhubungan dengan pengembangan dan
pelaksanaan pelatihan atau unit-unit yang lain yang membutuhkan latihan
mengenai keterampilan dan pengetahuan yang tercakup dalam unit ini. Kompetensi
dalam unit ini tidak dapat dituntut sampai semua prasyarat telah dipenuhi.
4. Catatan
Khusus
Selama penilaian setiap peserta akan:
4.1 Melaksanakan
latihan keselamatan kerja setiap waktu.
4.2 Memberikan
informasi tentang proses, peristiwa atau tugas yang dikerjakan untuk meyakinkan
adanya lingkungan pekerjaan yang efisien dan aman.
4.3 Melaksanakan
tanggung jawab untuk kualitas pekerjaannya sendiri.
4.4 Merencanakan
semua tugas dalam segala situasi dan memberikan tinjauan terhadap persyaratan
tugas yang sesuai.
4.5 Melaksanakan
semua tugas sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
4.6 Melaksanakan
semua tugas terhadap spesifikasinya.
4.7 Menggunakan prosedur
tehnik, latihan, proses dan tempat kerja engineering yang sesuai. Tugas
yang dikerjakan akan diselesaikan dalam jangka waktu yang beralasan yang
berhubungan dengan kekhasan kegiatan di tempat kerja.
5. Pedoman penilai
5.1
Kompetensi
yang diraih melalui pelatihan dapat diidentifikasi .
5.2
Tugas instruktur dalam
ketentuan pelatihan dapat dijelaskan.
5.3
Instruktur
menjelaskan tujuan pelatihan dan kompetensi yang akan dicapai kepada peserta
pelatihan.
5.4
Pelatihan tersebut
dilakukan dengan menggunakan tehnik pengajaran yang sesuai.
5.5
Tehnik pengajaran yang
digunakan dalam pelatihan tersebut untuk menyampaikan materi pelatihan dapat
dikenali. Alasan
untuk memilih tehnik pengajaran dalam pelatihan tersebut dapat dijelaskan.
5.6
Timbal
balik yang positif disampaikan kepada para peserta pelatihan melalui program
pelatihan tersebut. Perkembangan para peserta diperhatikan dan dicatat sesuai
dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.7
Prosedur untuk mencatat
perkembangan peserta pelatihan dapat diberikan. Alasan untuk menyampaikan timbal balik
yang positif dapat diberikan.
5.8
Program pelatihan dievaluasi menurut prosedur pengoperasian yang
sesuai.
5.9
Prosedur
untuk mengevaluasi program pelatihan dapat diberikan. Alasan untuk mengevaluasi
program pelatihan dapat dijelaskan.
5.10
Data pelatihan dicatat menurut prosedur pengoperasian yang sesuai.
5.11 Catatan pelatihan yang disimpan dapat dikenali. Prosedur untuk menyimpan
data pelatihan dapat diberikan.
5.12 Laporan pada pelatihan yang diselesaikan dan pelatihan yang dibutuhkan
harus dilengkapi sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.13 Prosedur untuk menyiapkan laporan pelatihan dapat diberikan.
5.14 Pelatihan dikembangkan di dalam tempat kerja sesuai
dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.15
Prosedur untuk
mengembangkan pelatihan di tempat kerja dapat diberikan. Alasan untuk mengembangkan
pelatihan di tempat kerja dapat dijelaskan.
KOMPETENSI KUNCI
NO
|
KOMPETENSI KUNCI
DALAM UNIT INI
|
TINGKAT
|
1.
|
Mengumpulkan, Mengorganisir dan menganalisa Informasi
|
3
|
2.
|
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
|
3
|
3.
|
Merencanakan dan
mengorganisir aktifitas-aktifitas
|
3
|
4.
|
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
|
3
|
5.
|
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
|
1
|
6.
|
Memecahkan masalah
|
2
|
7.
|
Menggunakan
Teknologi
|
2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar