Jumat, 08 November 2013

Kompetensi Penilaian tempat kerja


KODE UNIT       
:
LOG.OO17.002.01
JUDUL UNIT      
:
Melaksanakan penilaian tempat kerja
DESKRIPSI UNIT
:
Unit ini menggambarkan kegiatan penilaian di tempat kerja yang meliputi identifikasi persyaratan standar kompetensi, membuat perencanaan penilaian, melaksanakan penilaian, mengevaluasi proses penilaian serta pencatatan hasil penilaian.


Bidang                     :    Pelatihan

Bobot  Unit              :    2

Unit Prasyarat         :
1.
LOG.OO02.004.01
- Membantu dalam penentuan pelatihan   sambil bekerja

ELEMEN  KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA

01   Mengenali dan merencanakan berbagai persyaratan penilaian


1.1        Ruang lingkup dan tujuan penilaian dikenali dengan melakukan konsultasi dengan personil dan orang-orang yang akan dinilai

1.2        Standar kompetensi dan acuan penilaian yang sesuai dikenali dan dipilih sebagaimana yang diperlukan.


1.3        Petunjuk yang diperlukan untuk melaksanakan kompetensi yang ditentukan sesuai dengan prosedur penilaian industri

1.4        Petunjuk yang dibutuhkan dan pengaturan penilaian yang didiskusikan dan dikonfirmasikan dalam cara yang sesuai dengan orang yang dinilai.

02   Melaksanakan penilaian

 

2.1        Prosedur penilaian yang telah disetujui diterapkan melalui sikap, waktu dan tempat untuk meningkatkan partisipasi aktif dari orang yang dinilai.

03   Mencatat hasil dan mengevaluasi prosedur

 

3.1        Hasil penilaian dicatat sesuai dengan prosedur lapangan atau industri.

3.2        Catatan disimpan dengan cara yang sesuai dengan pemeliharaan yang konfidensial dan aman.

3.3        Prosedur penilaian diperiksa bersama dengan orang yang sedang dinilai dan sedang di revisi bila perlu.


 
BATASAN VARIABEL
 
Teknik penilaian yang sesuai akan dipilih berdasarkan atas pengetahuan penilai terhadap kompetensi yang dinilai atau yang berhubungan dengan seseorang yang kompeten (ahli teknik). Metoda yang dipakai dapat meliputi observasi, dokumentasi, demonstrasi, proyek, tes lisan, penilaian berdasarkan komputer, tes tertulis dan lain-lain. Tujuan penilaian meliputi pengenalan materi sebelumnya, penentuan penghargaan tingkat klasifikasi atau identifikasi pelatihan yang dibutuhkan. Petunjuk yang diperoleh harus meliputi tugas keterampilan, tugas manajemen, penerapan manajemen yang memungkinkan. Metoda dan alat penelitian harus mencakup berbagai hal seperti kejelasan, kehandalan, keabsahan hasil, keadilan dalam penerapan penilaian dan biaya efektivitas proses. Penilaian dapat dilaksanakan berbasis individual atau dalam kelompok. Unit ini dimaksudkan untuk menyamakan dengan standar kompetensi nasional Unit  Standar Penilaian: melaksanakan penilaian sesuai dengan prosedur yang telah dibuat dan Unit Tambahan: perencanaan dan pemeriksaan penilaian.


PANDUAN PENILAIAN

1.         Konteks penilaian

           Penilaian untuk unit ini dapat diterapkan pada pekerjaan, diluar pekerjaan atau kombinasi             diantara keduanya. Kompetensi yang tercakup dalam unit ini dapat didemonstrasikan oleh            peserta yang bekerja sendiri atau sebagai bagian dari suatu kelompok. Lingkup penilaian           harus tidak merugikan calon peserta.

2.         Kondisi Penilaian

Calon peserta akan menguasai semua alat bantu, berbagai macam peralatan, material dan dokumen yang diperlukan. Calon peserta akan diijinkan untuk mengacu kepada dokumen berikut:
2.1      Berbagai dokumen yang relevan dengan prosedur di tempat kerja. Berbagai dokumen yang relevan dengan spesifikasi produk dan manufaktur. Berbagai dokumen yang relevan dengan kode, standar, petunjuk dan referensi material.
2.2      Calon peserta diisyaratkan untuk:
2.2.1      Secara lisan atau dengan berbagai metode komunikasi lainnya, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penilai.
2.2.2      Mengetahui rekan kerja yang bisa dijadikan rujukan untuk mengumpulkan hasil kompetensi apabila diperlukan.Hasil kredit terakhir untuk semua pelatihan di luar tempat kerja yang berhubungan dengan unit ini. Penilai harus meyakinkan peserta untuk dapat melaksanakan semua unsur dari unit ini secara konsisten dan kompeten sebagaimana yang telah dijelaskan melalui kriteria, termasuk pengetahuan yang dibutuhkan.

3.         Aspek kritis

Unit ini dapat dinilai bersama dengan unit yang lain yang membahas tentang keselamatan, kualitas, komunikasi, penanganan material, pencatatan dan pelaporan yang berhubungan dengan pengembangan dan pelaksanaan pelatihan atau unit-unit yang lain yang membutuhkan latihan mengenai keterampilan dan pengetahuan yang tercakup dalam unit ini. Kompetensi dalam unit ini tidak dapat dituntut sampai semua prasyarat telah dipenuhi.
                                                                                                                                               

4.         Catatan Khusus

Selama penilaian setiap peserta akan:
4.1    Melaksanakan latihan keselamatan kerja setiap waktu.
4.2    Memberikan informasi tentang proses, peristiwa atau tugas yang dikerjakan untuk meyakinkan adanya lingkungan pekerjaan yang efisien dan aman.
4.3    Melaksanakan tanggung jawab untuk kualitas pekerjaannya sendiri.
4.4    Merencanakan semua tugas dalam segala situasi dan memberikan tinjauan terhadap persyaratan tugas yang sesuai.
4.5    Melaksanakan semua tugas sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
4.6    Melaksanakan semua tugas terhadap spesifikasinya.
4.7    Menggunakan prosedur tehnik, latihan, proses dan tempat kerja engineering yang sesuai. Tugas yang dikerjakan akan diselesaikan dalam jangka waktu yang beralasan yang berhubungan dengan kekhasan kegiatan di tempat kerja.
 
5.         Pedoman penilai

5.1          Kompetensi yang diraih melalui pelatihan dapat diidentifikasi .
5.2          Tugas instruktur dalam ketentuan pelatihan dapat dijelaskan.
5.3          Instruktur menjelaskan tujuan pelatihan dan kompetensi yang akan dicapai kepada peserta pelatihan.
5.4          Pelatihan tersebut dilakukan dengan menggunakan tehnik pengajaran yang sesuai.
5.5          Tehnik pengajaran yang digunakan dalam pelatihan tersebut untuk menyampaikan materi pelatihan dapat dikenali. Alasan untuk memilih tehnik pengajaran dalam pelatihan tersebut dapat dijelaskan.
5.6          Timbal balik yang positif disampaikan kepada para peserta pelatihan melalui program pelatihan tersebut. Perkembangan para peserta diperhatikan dan dicatat sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.7          Prosedur untuk mencatat perkembangan peserta pelatihan dapat diberikan. Alasan untuk menyampaikan timbal balik yang positif dapat diberikan.
5.8          Program pelatihan dievaluasi menurut prosedur pengoperasian yang sesuai.
5.9          Prosedur untuk mengevaluasi program pelatihan dapat diberikan. Alasan untuk mengevaluasi program pelatihan dapat dijelaskan.
5.10       Data pelatihan dicatat menurut prosedur pengoperasian yang sesuai.
5.11       Catatan pelatihan yang disimpan dapat dikenali. Prosedur untuk menyimpan data pelatihan dapat diberikan.
5.12       Laporan pada pelatihan yang diselesaikan dan pelatihan yang dibutuhkan harus dilengkapi sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.13       Prosedur untuk menyiapkan laporan pelatihan dapat diberikan.
5.14       Pelatihan dikembangkan di dalam tempat kerja sesuai dengan prosedur pengoperasian yang standar.
5.15       Prosedur untuk mengembangkan pelatihan di tempat kerja dapat diberikan. Alasan untuk mengembangkan pelatihan di tempat kerja dapat dijelaskan.

         
           KOMPETENSI KUNCI


NO
KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
TINGKAT
1.
Mengumpulkan, Mengorganisir dan menganalisa Informasi
3
2.
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
3
3.
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
3
4.
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
3
5.
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
1
6.
Memecahkan masalah
2
7.
Menggunakan Teknologi
2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar