Jumat, 04 Juli 2014

Menghilangkan Kejenuhan Kerja, Mungkinkah ??



Pernahkah anda merasakan jenuh dalam bekerja. Pasti pernah bukan?. Setiap orang baik orang hebat maupun orang biasa-biasa pasti pernah mengalami masa jenuh dalam bekerja. Bukan hanya profesi bekerja saja, orang bisa jenuh. Namun juga bagi anda para ibu, dan para istri yang tiap hari di rumah dengan segala aktivitas mengurus rumah tangga. Pasti sering mengalami kejenuhan. Nah, apa mungkin kejenuhan tersebut bisa dihindari ? tentu mungkin bukan, tergantung anda dan saya dalam menghindari kejenuhan tersebut agar tidak berlarut-larut dan berkepanjangan.

Ada beberapa tips dari saya untuk menghilangi kejenuhan anda dalam bekerja, pertama usahakan setiap hari anda melakukan sesuatu yang baru dan tidak rutin. Pernyataan saya ini jangan terlalu dianggap besar lho ya. Ingat sesuatu yang baru tidak harus melakukan aktivitas yang 100% berbeda dari rutinitas yang anda lakukan selama ini. Apalagi pekerjaan anda dituntut pada pekerjaan yang rutinitas tiap harinya. Seperti pekerjaan administratif misalnya. Anda bisa melakukan dengan metode kerja misalnya yang semula biasanya melakukan urut bisa anda kerjakan dengan acak. Atau anda rubah sedikit metode kerja anda, misalkan dengan membuat backrground layar komputer anda berwarna –warni itu sudah langkah sederhana untuk menghilangkan rasa kejenuhan dalam bekerja. Atau memberi gambar kesukaan pada layar komputer anda dengan gambar kesukaan anda. Bagi anda yang tidak bekerja di depan meja atau komputer, anda bisa melakukan sedikit memodifikasi cara anda bekerja yang biasa anda lakukan. Jika sudah anda temukan perubahan ritme kerja maka langkah selanjutnya adalah anda jangan melakukan secara konsisten cara tersebut, karena dapat dipastikan anda akan mudah jenuh lagi. Lakukan perubahan kecil disaat anda sudah mulai mengalami kenyamanan.

Tips kedua yang tidak kalah penting dalam menghindari kejenuhan saat bekerja adalah, buat pekerjaan anda menantang. Apa bisa pekerjaa rutin dibuat tertantang? Jawabnya bisa. Tinggal pola pikir kita yang harus diluruskan terhadap pekerjaan tersebut. Rekan kerja saya biasa melakukannya dengan cara membuat target kerja bagi diri sendiri. Tentu tidak mudah memang, dan banyak diantara kita malas untuk melakukannya. Dengan berbagai macam alasan tentunya. Gaji yang diberikan tidak ada perubahan, penghargaan dari atasan tidak diberikan bahkan tetap dimarahi terus kayak tidak pernah ada benarnya dalam bekerja . Lingkungan kerja yang tidak adil, tergoda dengan teman kerja anda yang nyantai kerjanya tapi hasil remunerasinya juga sama dengan anda. Nah, saran saya lupakan atasan anda dan lupakan gaji anda serta lingkungan anda. Karena itu akan membuat hati anda tidak akan pernah bisa bahagia, dan selalu terluka. Bukanya kalo anda jenuh pasti hati anda tersiksa dan malas, ujung-ujungnya adalah semangat hidup anda turun.! Itu menandakan hidup anda tidak bahagia bukan?!.  Oleh karenanya, sekali lagi lupakan tentang atasan dan hal-hal yang mengganggu diluar diri anda. Maka ketika anda dapat membuat target diri dan pribadi dalam bekerja, dan selalu tiap saat anda rubah target kerja anda, saya jamin anda tidak akan mudah jenuh dalam bekerja. Yang terjadi justru sebaliknya ketegangan pikiran dan otot anda terus berjalan, adrenalin anda terus terpacu setiap saat akan perubahan kesempurnaan dalam bekerja. Sehingga andapun akan merasakan tantangan akan terus datang.

Tips ini sebenarnya adalah antitesa dari kejenuhan dengan stress kerja. Nah, apa hubunganya ? dalam hati anda bertanya demikian. Iya, jika anda terlalu sering membuat tantangan pribadi dan target kerja bagi diri sendiri, jika berlebihan dan anda tidak bisa mengontrolnya pasti anda akan mengalami stress di tempat kerja dan keluarga. Itu justru sangat tidak baik buat anda dan karir anda bukan. Lantas apa tipsnya agar kita tidak stress memikirkan pekerjaan dan target pribadi ?. Anda keseimbangkan dengan reward pada diri anda, beri kesempatan pada fisik dan hati anda untuk refreshing sejenak atau melakukan hobi yang paling anda sukai saat libur kerja, itu akan membuat stress anda terminimalisir. Oh iya, ada yang kelewatan bila anda terus melakukan tantangan dan target pada pribadi anda di tempat kerja, insya alloh apa yang anda harapkan baik kompensasi, penghargaan dari atasan dan lingkungan cepat atau lambat pasti anda dapatkan. Kok bisa?, karena bisa dipastikan performa kinerja anda pasti diatas rata-rata rekan kerja anda bukan. Dengan selalu membuat tantatangan baru, saya yakin anda selalu  berinovasi tiap hari, dan kunci keberhasilan kesuksesan adalah pada inovasi diri.

Tips diatas bukan hanya berlaku bagi anda yang bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah saja ya. Namun bisa anda terapkan di rumah tangga, bagi para ibu dan istri tercinta. Anda bisa berkreasi dengan membuat tantangan memasak hal-hal baru atau membuat tantangan baru dalam mendidik dan melakukan pendekatan pada anak anda. Caranya, banyak!. Bukanya anda bisa memberi tantangan pada anak anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda, mengerjakan PR misalnya, anda bisa ajak belajar di depan rumah sambil lesehan (duduk di tikar), bisa anda lakukan jika rutinitas anak anda belajar selalu di meja belajar. Atau anda sekali-kali bisa mengundang teman akrabnya untuk dapat belajar bersama, sekaligus bisa berbagi masakan dan makanan.

Sebetulnya masih banyak tips lain yang nanti akan kita kupas habis dilain kesempatan, Yang paling penting adalah anda selalu mengimplementasikan cara baru dan berbeda bukan terlalu banyak berpikir ya dan merenungkan tulisan saya ini. Pasti anda akan tetap jenuh!. semoga dengan 2 tips tersebut kejenuhan anda dalam bekerja dan bagi para istri yang mengurus rumah tangga akan semakin menipis, akhirnya anda selalu bahagia dalam menjalani kehidupan. Ciri orang bahagia adalah anda senantiasa diberikan keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan. 

Salam Bahagia,,,,
Mochamad Zainuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar