Pernahkah anda merasakan jenuh
dalam bekerja. Pasti pernah bukan?. Setiap orang baik orang hebat maupun orang
biasa-biasa pasti pernah mengalami masa jenuh dalam bekerja. Bukan hanya
profesi bekerja saja, orang bisa jenuh. Namun juga bagi anda para ibu, dan para
istri yang tiap hari di rumah dengan segala aktivitas mengurus rumah tangga. Pasti
sering mengalami kejenuhan. Nah, apa mungkin kejenuhan tersebut bisa dihindari
? tentu mungkin bukan, tergantung anda dan saya dalam menghindari kejenuhan
tersebut agar tidak berlarut-larut dan berkepanjangan.
Ada beberapa tips dari saya untuk
menghilangi kejenuhan anda dalam bekerja, pertama usahakan setiap hari anda
melakukan sesuatu yang baru dan tidak rutin. Pernyataan saya ini jangan terlalu
dianggap besar lho ya. Ingat sesuatu yang baru tidak harus melakukan aktivitas
yang 100% berbeda dari rutinitas yang anda lakukan selama ini. Apalagi pekerjaan
anda dituntut pada pekerjaan yang rutinitas tiap harinya. Seperti pekerjaan
administratif misalnya. Anda bisa melakukan dengan metode kerja misalnya yang
semula biasanya melakukan urut bisa anda kerjakan dengan acak. Atau anda rubah
sedikit metode kerja anda, misalkan dengan membuat backrground layar komputer
anda berwarna –warni itu sudah langkah sederhana untuk menghilangkan rasa
kejenuhan dalam bekerja. Atau memberi gambar kesukaan pada layar komputer anda
dengan gambar kesukaan anda. Bagi anda yang tidak bekerja di depan meja atau
komputer, anda bisa melakukan sedikit memodifikasi cara anda bekerja yang biasa
anda lakukan. Jika sudah anda temukan perubahan ritme kerja maka langkah
selanjutnya adalah anda jangan melakukan secara konsisten cara tersebut, karena
dapat dipastikan anda akan mudah jenuh lagi. Lakukan perubahan kecil disaat
anda sudah mulai mengalami kenyamanan.
Tips kedua yang tidak kalah
penting dalam menghindari kejenuhan saat bekerja adalah, buat pekerjaan anda
menantang. Apa bisa pekerjaa rutin dibuat tertantang? Jawabnya bisa. Tinggal pola
pikir kita yang harus diluruskan terhadap pekerjaan tersebut. Rekan kerja saya
biasa melakukannya dengan cara membuat target kerja bagi diri sendiri. Tentu tidak
mudah memang, dan banyak diantara kita malas untuk melakukannya. Dengan berbagai
macam alasan tentunya. Gaji yang diberikan tidak ada perubahan, penghargaan
dari atasan tidak diberikan bahkan tetap dimarahi terus kayak tidak pernah ada
benarnya dalam bekerja . Lingkungan kerja yang tidak adil, tergoda dengan teman
kerja anda yang nyantai kerjanya tapi hasil remunerasinya juga sama dengan anda.
Nah, saran saya lupakan atasan anda dan lupakan gaji anda serta lingkungan
anda. Karena itu akan membuat hati anda tidak akan pernah bisa bahagia, dan
selalu terluka. Bukanya kalo anda jenuh pasti hati anda tersiksa dan malas,
ujung-ujungnya adalah semangat hidup anda turun.! Itu menandakan hidup anda
tidak bahagia bukan?!. Oleh karenanya,
sekali lagi lupakan tentang atasan dan hal-hal yang mengganggu diluar diri
anda. Maka ketika anda dapat membuat target diri dan pribadi dalam bekerja, dan
selalu tiap saat anda rubah target kerja anda, saya jamin anda tidak akan mudah
jenuh dalam bekerja. Yang terjadi justru sebaliknya ketegangan pikiran dan otot
anda terus berjalan, adrenalin anda terus terpacu setiap saat akan perubahan
kesempurnaan dalam bekerja. Sehingga andapun akan merasakan tantangan akan
terus datang.
Tips ini sebenarnya adalah
antitesa dari kejenuhan dengan stress kerja. Nah, apa hubunganya ? dalam hati
anda bertanya demikian. Iya, jika anda terlalu sering membuat tantangan pribadi
dan target kerja bagi diri sendiri, jika berlebihan dan anda tidak bisa
mengontrolnya pasti anda akan mengalami stress di tempat kerja dan keluarga. Itu
justru sangat tidak baik buat anda dan karir anda bukan. Lantas apa tipsnya
agar kita tidak stress memikirkan pekerjaan dan target pribadi ?. Anda
keseimbangkan dengan reward pada diri anda, beri kesempatan pada fisik dan hati
anda untuk refreshing sejenak atau melakukan hobi yang paling anda sukai saat
libur kerja, itu akan membuat stress anda terminimalisir. Oh iya, ada yang
kelewatan bila anda terus melakukan tantangan dan target pada pribadi anda di
tempat kerja, insya alloh apa yang anda harapkan baik kompensasi, penghargaan
dari atasan dan lingkungan cepat atau lambat pasti anda dapatkan. Kok bisa?,
karena bisa dipastikan performa kinerja anda pasti diatas rata-rata rekan kerja
anda bukan. Dengan selalu membuat tantatangan baru, saya yakin anda selalu berinovasi tiap hari, dan kunci keberhasilan
kesuksesan adalah pada inovasi diri.
Tips diatas bukan hanya berlaku
bagi anda yang bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah saja ya. Namun bisa
anda terapkan di rumah tangga, bagi para ibu dan istri tercinta. Anda bisa
berkreasi dengan membuat tantangan memasak hal-hal baru atau membuat tantangan
baru dalam mendidik dan melakukan pendekatan pada anak anda. Caranya, banyak!. Bukanya
anda bisa memberi tantangan pada anak anda untuk melakukan sesuatu yang
berbeda, mengerjakan PR misalnya, anda bisa ajak belajar di depan rumah sambil
lesehan (duduk di tikar), bisa anda lakukan jika rutinitas anak anda belajar
selalu di meja belajar. Atau anda sekali-kali bisa mengundang teman akrabnya untuk
dapat belajar bersama, sekaligus bisa berbagi masakan dan makanan.
Sebetulnya masih banyak tips lain
yang nanti akan kita kupas habis dilain kesempatan, Yang paling penting adalah
anda selalu mengimplementasikan cara baru dan berbeda bukan terlalu banyak
berpikir ya dan merenungkan tulisan saya ini. Pasti anda akan tetap jenuh!.
semoga dengan 2 tips tersebut kejenuhan anda dalam bekerja dan bagi para istri
yang mengurus rumah tangga akan semakin menipis, akhirnya anda selalu bahagia
dalam menjalani kehidupan. Ciri orang bahagia adalah anda senantiasa diberikan
keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan.
Salam Bahagia,,,,
Mochamad Zainuddin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar